PIDATO REKTOR IKIP MATARAM
PADA WISUDA SARJANA (S-1) IKIP MATARAM
PERIODE II TAHUN AKADEMIK 2008/2009
Yang terhormat
Bapak Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat
Bapak Walikota Mataram
Bapak Koordinator Kopertis Wilayah VIII
Pimpinan PTN dan PTS di Wilayah Mataram dan sekitarnya
Civitas Akademika IKIP Mataram
Para Wisudawan/Wisudawati yang berbahagia
Para Undangan serta seluruh hadirin yang mulia, serta keluarga yang berbahagia
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Alhamdulillah, Alhamdulillahirabbil’alamin, Hamdassyakirin,
hamdanyuwafi niamahu mayukafi mazidah,
Ya Rabbana lakalhamdu kama yambagi lijalalika’azimi sulthonik.
Allahuma shalli wasallim’alaa sayyidina Muhammad,
wa’alla alil sayyidina Muhammad, Amma ba’du
Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT
yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan inayah-Nya
serta memberikan kesehatan dan kesempatan kepada kita semua
sehingga dapat menghadiri upacara Wisuda Sarjana IKIP Mataram
periode II Tahun Akademik 2008/2009 yang penuh kebahagiaan pada pagi ini.
Hadirin, Wisudawan dan Wisudawati yang berbahagia
Syukur Alhamdulillah dan berbahagia adalah ucapan yang paling layak bagi anda,
para wisudawan, yang pada saat ini dengan suka cita dan kebahagiaan yang tak
terhingga hadir dalam acara puncak perjuangan akademik saudara dalam meraih
cita-cita. Kami ucapkan selamat atas sukses yang telah saudara capai.
Semoga keberhasilan Saudara bermanfaat bagi Saudara, keluarga,
dan bangsa Indonesia pada umumnya. Kepada para Wali Wisudawan dan Wisudawati,
kami sampaikan ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas kepercayaan
yang telah diberikan kepada IKIP Mataram sebagai tempat pendidikan putra-putri
Bapak dan Ibu sampai mereka berhasil menyelesaikan jenjang pendidikan tinggi.
Kami merasa bersyukur telah dapat ikut membantu pendidikan mereka.
Kami bergembira bahwa putra-putri Bapak dan Ibu adalah orang-orang yang tekun
dan ulet sehingga mereka dapat menyelesaikan studi dengan baik.
Hadirin, Wisudawan dan Wisudawati yang berbahagia
Wisuda adalah sebuah kulminasi dari proses pembelajaran yang dijalani
seorang peserta didik dengan melibatkan banyak pihak,
seperti dosen dan tenaga kependidikan, orang tua, pemerintah, dan masyarakat.
Sebagai titik kulminasi dari suatu proses, maka jaminan mutu merupakan kata kunci
yang hendak dituju oleh semua proses pendidikan di semua tingkatan
sejak dari sekolah dasar sampai ke jenjang perguruan tinggi.
Jaminan mutu berusaha menanamkan kepercayaan pada masyarakat di tingkat lokal,
nasional, dan internasional bahwa proses, materi, infrastruktur,
dan kualitas pengajar menjamin kualitas produk dan lulusan sesuai
dengan standar keilmuan dan kompetensi.
Hadirin, Wisudawan dan Wisudawati yang berbahagia
Dalam rangka penjaminan mutu tersebut, IKIP Mataram terus berupaya
dan berbenah diri agar mampu memainkan peranan terkemuka (leading role)
dalam perkembangan intelektual, dan sosial-budaya masyarakat dengan
menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, profesionalisme,
kompetensi dan rasa tanggung jawab sosial serta kemampuan untuk menjadi
guru yang profesional dan pengembangan pribadi yang dilandasi oleh IMTAQ
yang kokoh serta akhlak mulia. Dalam kaitan itu, IKIP Mataram terus berbenah
dengan meningkatkan jumlah dan kualitas dosen, staf dan karyawan serta berbagai
sarana dan prasarana sesuai dengan tuntutan dan tantangan lingkungan
yang terus berubah dan berkembang agar mampu memberikan pelayanan
profesional kepada mahasiswa dan masyarakat.
Hadirin, Wisudawan dan Wisudawati yang berbahagia
Dalam bidang akademik, IKIP Mataram telah menerbitkan
buku Pedoman Akademik IKIP Mataram 2008-2013, yang merupakan perpaduan
perundang-undangan, Peraturan Pemerintah, Peraturan Departemen Pendidikan Nasional RI,
dan Keputusan Rektor IKIP Mataram yang diberlakukan untuk melaksanakan
kegiatan akademik dan diharapkan semua sivitas akademika
dapat dengan saksama memahami, dan melaksanakannya sesuai dengan hak,
kewajiban, dan kewenangan masing-masing.
Dalam buku tersebut juga terdapat kurikulum terbaru yang digunakan di IKIP Mataram
dengan struktur kurikulum didasarkan pada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Indonesia
Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Nasional
dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, dan SK Mendiknas RI No. 045/U/2002
tentang Kurikulum Inti Perguruan Tinggi.
Hadirin, Wisudawan dan Wisudawati yang berbahagia
Dalam rangka penjaminan mutu dan untuk menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia,
maka pada struktur kurikulum yang baru tersebut terdapat mata kuliah Pendidikan
Budi Pekerti yang merupakan mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa IKIP Mataram.
Pada bidang manajemen pendidikan, beberapa hal sedang dikembangkan, ialah:
-Sistem Informasi Akademik dan Kemahasiswaan (SIMAKAD) beserta penataan kembali
peraturan-peraturan pendidikan yang ada.
-Pemakaian SIMAKAD secara on-line untuk keperluan dosen dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar.
Hadirin, Wisudawan dan Wisudawati yang berbahagia
Masih dalam rangka penjaminan mutu, sarana pendidikan juga sedang ditingkatkan.
Pada saat ini IKIP Mataram sedang membangun gedung kuliah empat lantai dengan 20 kelas,
yang diharapkan selesai pembangunannya pada pertengahan tahun ini.
Dengan selesainya pembangunan gedung tersebut diharapkan
tidak ada perkuliahan di malam hari. Selain sarana,
prasarana (infrastruktur) laboratorium fisika, kimia, bahasa,
dan juga berbagai peralatan olahraga telah dikembangkan.
Saat ini IKIP Mataram telah memiliki laboratorium Fisika, Kimia dan Bahasa,
serta laboratorium microteaching yang sangat memadai untuk kegiatan praktikum Mahasiswa.
Hadirin, Wisudawan dan Wisudawati yang berbahagia
Selain penjaminan mutu yang bersifat pengembangan tersebut,
IKIP Mataram juga patuh terhadap penjaminan mutu yang dilakukan oleh pemerintah
dan masyarakat, dengan melakukan evaluasi dan akreditasi yang merupakan indikator
kualitas dari suatu perguruan tinggi.
Evaluasi adalah seperangkat upaya untuk menghimpun dan mengolah data yang akurat
sehingga dapat dipergunakan sebagai landasan tindakan manajerial.
Akreditasi, adalah sebuah perangkat pengakuan dari pihak berwenang
yang menjadi hak masyarakat akan informasi obyektivitas dan kinerja
penyelenggaraan suatu program studi perguruan tinggi.
Evaluasi yang dilakukan tiap semester adalah dalam bentuk
laporan Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED)
yang dilakukan oleh Direktorat Ketenagaan Ditjen Dikti Depdiknas.
Alhamdulillah, IKIP Mataram mampu menyelesaikan laporan EPSBED tiap semesternya
walaupun terkadang terlambat dari jadwal yang ditentukan.
Keterlambatan ini disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya adalah keterlambatan pengisian KRS oleh mahasiswa.
Keterlambatan pengisian KRS ini akibat dari keterlambatan dalam pelunasan uang SPP oleh mahasiswa.
Saat ini, seluruh Jurusan yang ada di IKIP Mataram sudah ter-akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT).
Hadirin, Wisudawan dan Wisudawati yang berbahagia
Kemajuan suatu perguruan tinggi ditentukan oleh berbagai faktor,
dua diantara faktor-faktor tersebut adalah kinerja manajemen perguruan tinggi
dan kinerja lulusan yang dihasilkan. Walau dengan dukungan dana yang terbatas,
kami sebagai pimpinan IKIP Mataram berupaya dengan terus menerus untuk meningkatkan mutu IKIP Mataram dengan jalan melakukan efisiensi manajemen di semua sektor tanpa menaikkan SPP.
Faktor lainnya yang turut mengharumkan nama IKIP Mataram adalah kinerja para lulusannya.
Percayalah sampai kapanpun citra almamater saudara, yaitu IKIP Mataram,
akan tetap menyertai dimanapun saudara berada dan apapun yang saudara kerjakan.
Oleh karena itu, kami berpesan agar jagalah nama baik saudara dan almamater ini,
dengan selalu menjaga sikap, selalu berbuat baik, dan terus menjadi insan pembelajar dan pencerah kehidupan.
Hadirin, Wisudawan dan Wisudawati yang berbahagia
Menghadapi berbagai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
yang begitu cepat akhir-akhir ini, saya ingin menyampaikan
beberapa hal kepada para Wisudawan-Wisudawati sebagai berikut:
Pertama, secara intelektual, kembangkanlah ilmu pengetahuan Saudara setinggi mungkin.
Walaupun secara formal saudara telah menyelesaikan pendidikan S-1 bukan berarti selesailah tugas belajar.
Penguasaan ilmu pengetahuan atau hard skills saja tidak cukup mengantarkan orang menjadi sukses. Saudara harus melengkapi diri dengan soft skill, intelektual skill,
rasa percaya diri (self confidence), serta motivasi untuk menjadi yang terbaik.
Saudara-saudara harus selalu bekerja keras, konsisten, dan persisten dalam berpikir dan bertindak, yang akan membuat Anda lebih tegar dan mampu menghadapi kehidupan dalam persaingan yang begitu ketat, dan sekaligus akan mengembangkan nama baik almameter.
Saudara-saudara harus dapat menunjukkan kepada masyarakat,
bahwa pantas sebagai pemegang gelar Sarjana Pendidikan.
Hal-hal itu menjadi modal untuk ambil bagian dalam menyelesaikan
berbagai persoalan bangsa kita, khususnya di bidang pendidikan.
Kedua, secara moral-keagamaan, sivitas IKIP Mataram mengharap
para Wisudawan-Wisudawati benar-benar menjadi sarjana Pendidikan yang berahklaq karimah, berbudi luhur, berpikiran maju dan berpandangan luas, taat beribadah, dan memiliki daya saing tinggi.
Ketiga, sebagai calon pendidik, Rasulullah Muhammad SAW berhasil sebagai Pendidik Ummat dikarenakan:
kepribadian (personality) yang berkualitas tinggi,
mempunyai kepedulian tinggi terhadap masalah sosial-religius
dan mampu mempertahankan dan mengembangkan kualitas iman,
amal saleh, dan memperjuangkan kebenaran atas prinsip ta`awun
(kerja sama) dan sabar. Oleh karena itu sebagai pewaris misi Rasulullah,
seorang pendidik haruslah bertakwa kepada Allah, ikhlas berkorban,
berilmu pengetahuan luas, santun, lemah lembut, sabar, pemaaf,
memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan berlaku adil.
Hadirin, Wisudawan dan Wisudawati yang berbahagia
Akhirnya atas nama Pimpinan IKIP Mataram dan atas nama dosen-dosen
yang telah membina saudara selama ini, kami berdoa semoga saudara-saudara
menjadi pendidik yang profesional, seperti yang diamanatkan
oleh undang-undang nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Semoga seluruh aktivitas dan amal bakti kita di ridloi oleh Allah SWT. Amin.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Mataram, 24 Januari 2009
Rektor,
H. L. Said Ruhpina, SH., MS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar